Maroko dan Spanyol Meningkatkan Kerjasama Nuklir Nasional

Maroko dan Spanyol Meningkatkan Kerjasama Nuklir Nasional

CSN-AMSSNuR - January 2018 - 460 (CSN)
Penandatanganan MoU di Rabat. (Foto: CSN)

Maroko – Dewan Keselamatan Nuklir Spanyol (CSN) dan Badan Keamanan dan Keselamatan Nuklir Maroko (AMSSNuR) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang peningkatan kerjasama.

CSN mengatakan bahwa Spanyol dan Maroko telah memiliki kontak kerjasama yang berkaitan dengan regulasi nuklir, lebih dari sepuluh tahun sebelumnya tidak ada perjanjian kerjasama ditandatangani antara mereka

Pada bulan Januari 2011, pemerintah Maroko menyetujui rencana untuk mendirikan sebuah lembaga keselamatan nuklir dan merancang undang-undang tentang keamanan nuklir. AMSSNuR diciptakan pada tahun 2016 sebagai badan regulasi independen.

Dewan Keselamatan Nuklir Spanyol (CSN) menyetujui naskah MoU, yang menetapkan kerangka kerja untuk pertukaran bilateral informasi, pada pertemuan pekan lalu.

MoU tersebut ditandatangani oleh Presiden CSN Fernando Marti dan Direktur AMSSNuR Jenderal Khammar Mrabit pada tanggal 15 Januari 2018 di kantor Kementerian Energi dan Pertambangan Maroko di Rabat.

Perjanjian ini memiliki durasi awal lima tahun dan termasuk pertukaran informasi keselamatan dan peraturan nuklir. MoU meliputi aspek-aspek penelitian dan pengembangan seperti pengalaman operasional dan pelajaran dari kecelakaan nuklir, tanggap darurat dan komunikasi dalam situasi kecelakaan, pengurangan resiko kecelakaan berat.

Maroko memiliki reaktor riset 2 MW Triga yang sedang dibangun di Mamoura dekat Rabat dalam mempertimbangkan penggunaan energi nuklir.

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: