Waspada Penyimpanan Dana Untuk Bitcoin Anda

Waspada Penyimpanan Dana Untuk Bitcoin Anda

Salah satu tambang bitcoin di china. (Foto: maszol)

Pertumbuhan pamor bitcoin yang semakin tinggi ditandai dengan meningkatnya nilai sebuah bitcoin dan semakin banyaknya orang yang tertarik dengan konsep uang digital ini. Hal ini disalah gunakan oleh beberapa kelompok untuk membuat sebuah media penyimpanan bitcoin. Bukannya disimpan agar lebih aman, media penyimpanan ini malah membuat bitcoin yang anda cari hilang sia-sia. Berdasarkan laporan dari situs diskusi Reddit, tercatat ada dua aplikasi penyimpanan bitcoin palsu, yaitu Cardano Crypto Wallet dan All Crypto Currency Wallet. Aplikasi ini bisa ditemui di layanan google play dan dapat diunduh, agar bisa digunakan oleh pengguna. “Keduanya diunggah oleh pengembang CryptoWallmart dan masing-masing telah diunduh sebanyak 100 dan 500 kali,” seperti disebutkan Avast dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (18/1).

Mereka merayu para penggunanya agar menyimpan bitcoin di aplikasi mereka, agar bisa ditukarkan dengan cryptocurrency cardano. Cardano sendiri ialah model cryptocurrency lainnya. Popularitas dan harga uang kriptografi yang sangat tinggi dapat memicu tindak kejahatan yang sulit terdeteksi dalam tindak kriminal di dunia digital.

Ada beberapa langkah mudah untuk mengamankan dan terhindar dari penipuan jenis ini. Pertama, menjadikan toko aplikasi yang resmi untuk mengunduh aplikasi ini. Kedua, pastikan aplikasi penyimpanan tersebut dibuat oleh pengembang (developer) terpercaya. Ketiga, pelajari ulasan pada aplikasi penyimpanan tersebut, ulasan positif atau negatif. Perkembangan teknologi tentunya dapat berbanding lurus terhadap tindak kriminal di dunia maya, oleh karenanya jadilah pengguna yang cerdas dan selalu waspada

Penulis: Bagas Raga

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: