Astronot NASA mencatat rekor perbaiki stasiun luar angkasa

Astronot NASA mencatat rekor perbaiki stasiun luar angkasa

Hasil gambar untuk Latching End Effector (LEE) Canadarm2
Lengan robot Canadarm2. (Foto: NASA)

USA – Astronot NASA baru saja telah melakukan misi pertama di awal tahun 2018 di luar angkasa yang merupakan bagian penting dari ISS (Stasiun Luar Angkasa).

NASA telah mencatak rekor di ISS luar angkasa dalam awal tahun ini. Ekspedisi antariksa ke 54 Mark Vande Hei dan Scott Tingle telah menggebrak berjalan di ISS hanya dalam 7 jam dan 24 menit. 

Kedua astronot tersebut harus mengganti ujung lengan atau Latching End Efektor (LEE) Canadarm2. Misi tampak relatif sederhana, tetapi bagian yang diganti adalah bagian penting untuk ISS.

Canadarm2 berperan penting dalam pemasangan stasiun di awal tahun 2000-an, membantu memindahkan dan memasang peralatan berukuran besar. Saat ini, Canadarm2 digunakan untuk melakukan inspeksi di luar ISS, serta mengambil dan membawa pesawat kargo masuk, diluncurkan sealam misi Endeavour yang dibangun oleh insinyur Kanada.

Proyek tersebut telah memasuki ke 206 untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional. Secara total, Astronot dan teknisi telah menghabiskan total 53 hari, 13 jam, dan 49 menit sejak tahun 1998.

Dan masih ada lagi yang akan datang, Vande Hei akan pergi ke ISS  pada 29 Januari. Namun, kali ini ia bersama insinyur penerbangan Norishige Kanai dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: