Hyperloop, Transportasi yang hampir menyamai kecepatan suara

Hyperloop, Transportasi yang hampir menyamai kecepatan suara

Related image
Transportasi jarak jauh Hyperloop bisa menjadi kenyataan. (Foto: dailymail)

LONDON – Hyperloop Transportasi Technologies telah mengumumkan jalur pertama digunakan secara komersial di wilayah Asia atau Timur Tengah.

Hyperloops adalah konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi yang diajukan oleh Elon Musk. Hyperloop bergerak dengan menciptakan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi.

Masalah yang tidak begitu mudah dipecahkan, bagaimanapun, menjadi kenyataan sejauh ini. Pendanaan adalah masalah besar, tidak hanya penelitian dan pengembangan yang mahal, tetapi kenyataan dari masalah ini adalah bahwa tabung vakum yang besar tidak ekonomis untuk dibuat. Masalah lain yang besar adalah wilayah dan mendapatkan izin dari kota-kota dan negara untuk menggali terowongan. Agar layak, loop harus dijalankan melalui kota-kota besar tetapi kota memiliki infrastruktur yang dibangun yang berbeda.

Tapi Hyperloop Transportasi Teknologi (HTT) mengklaim bahwa mereka memiliki kemampuan untuk membuat hyperloop menjadi nyata. Banyak rintangan sebelum Hyperloop siap untuk di bangun

Diharapkan Hyperloop pertama yang selesai dibangun dalam tiga tahun ke depan. Ini adalah lompatan besar dalam angkutan massal, mengingat fakta bahwa kereta cepat sekarang mulai muncul di negara-negara yang lebih modern. California, salah satu tempat awalnya diusulkan untuk Hyperloop karena kepadatan penduduk dan dampak ekonomi, secara historis memiliki waktu yang sangat sulit menciptakan infrastruktur transit. Dan fakta sederhana adalah AS telah menolak menciptakan infrastruktur angkutan massal selama beberapa dekade karena akan merepotkan bagi pemilik mobil dan produsen mobil.

Garis besar konsep hyperloop diumumkan pada Agustus 2013, yang mencakup usulan rute dari Los Angeles ke San Fransisco. Analisis awal menunjukkan bahwa rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu 35 menit, yang berarti bahwa penumpang dapat menempuh jarak 350-mile (560 km) dengan rata-rata kecepatan 600 mph (970 km/h), dengan kecepatan penuh 760 mph (1.200 km/h). Perkiraan biaya awal untuk rute ini diperkirakan sebesar US$7,5 miliarwalaupun analis transportasi meragukan bahwa sistem ini dapat dibangun dengan biaya tersebut.

Teknologi Hyperloop telah dibuat open source oleh Musk dan SpaceX, dan publik diajak untuk mengambil gagasan tersebut dan mengembangkannya lebih lanjut. Untuk itu, beberapa perusahaan telah dibentuk, dan paling tidak sepuluh tim mahasiswa interdisipliner mencoba mewujudkan gagasan ini.

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: