Bertemu Erica, Robot Penyiar dari Jepang

Bertemu Erica, Robot Penyiar dari Jepang

Hasil gambar untuk Bertemu Erica, Jepang Berikutnya Robot News Anchor
Robot Erica Pembawa acara tv Jepang. (Foto: Hola AC)

JEPANG – Erica, sebuah robot android yang dirancang terlihat seperti wanita 23 tahun, akan segera menjadi pembaca berita TV di Jepang, seperti yang dilaporkan Wall Street Journal. Menurut Hiroshi Ishiguro, pembuat dan direktur Robotics Laboratory Intelligent Osaka Universityand, Erica akan menggantikan pembaca berita manusia paling cepat bulan April.

Sebagai permulaan, dia cakap dapat membaca tulisan scripted dan duduk di kursi, membuatnya layak memenuhi syarat untuk pembawa berita televisi seperti manusia pada umumnya.

“Apa yang membuat Erica berbeda adalah dari kecerdasan buatan seperti karismanya,” ujar Ishiguro. Erica mampu cakap berbicara dengan manusia, berkat kombinasi dari algoritma percakapan, teknologi pengenalan wajah dan sensor infra merah yang memungkinkan dia untuk melacak wajah di sebuah ruangan.

Sementara jika dia tidak bisa menggerakkan lengannya lagi, Erica dapat memindahkan fitur wajah, leher, bahu dan pinggang secara otomatis.

Orang lain mungkin menyebutnya luar biasa. Tapi Erica tidak menjadi robot yang pertama sebagai manusia hidup untuk berkomunikasi dengan manusia. Pada bulan Oktober 2017, sebuah robot bernama Sophia diberikan kewarganegaraan ke Arab Saudi setelah tampil mengesankan sebagai wartawan dengan jawaban dari pertanyaan wawancara sederhana pada sebuah konferensi teknologi di Riyadh.

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: