Kerjasama RI dan UEA dalam eksplorasi cadangan hidrokarbon 

Kerjasama RI dan UEA dalam eksplorasi cadangan hidrokarbon 

Gambar terkait
Indonesia masih memiliki 128 cekungan migas yang belum dieksplorasi dengan optimal. (ESDM)

kabar-energi.com – Bekerja sama dengan sebuah perusahaan dari Dubai di Uni Emirat Arab, pemerintah akan segera memulai survei eksplorasi hidrokarbon strategis di cekungan lepas pantai yang sangat prospektif, yang kaya akan minyak dan gas.

Pekerjaan eksplorasi akan dimulai setelah sebuah nota kesepahaman dengan Dubai Resource Resources Discoveries.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan bahwa kesepakatan tersebut merupakan langkah besar pertama untuk menarik perusahaan internasional dan investasi ke sektor minyak dan gas Aceh.

“Kesepakatan itu juga akan membuka pintu untuk menggunakan teknologi dan proses inovatif terkini yang akan mendorong Aceh menuju kemakmuran ekonomi yang lebih cepat bagi masyarakat,” kata Irwandi, Jumat (23/2).

CEO Generation Resource Discoveries Salmaan Sayeed, mengatakan “kedua pihak akan secara strategis mengeksplorasi cekungan sedimen Aceh untuk pengumpulan hidrokarbon potensial dengan mengintegrasikan proses teknologi tinggi.

Selain itu, direktur pengembangan bisnis regional, Raja Mohamed Iqbal, mengatakan hanya 38 cekungan dari 60 cekungan sedimen di Indonesia telah dieksplorasi sampai saat ini.

Dari 15 cekungan yang sudah mulai berproduksi, 11 berada di wilayah barat dan empat lainnya di bagian timur, menurut sebuah pernyataan yang dibuat oleh Badan Penyelenggara Investasi Aceh.

Generation Resource Discoveries berencana untuk menggunakan alat survei geofisika yang terbukti inovatif dari Kanada yang disebut Stress Field Detector (SFD) sebagai teknologi utama dalam program eksplorasi yang telah menghasilkan penemuan yang sukses di Amerika Latin.

“Kami bermaksud untuk mengenalkan dan mengintegrasikan teknologi dan proses inovatif yang memberikan keberhasilan komersial yang signifikan di kawasan Asia Pasifik dengan proyek serupa lainnya,” kata Raja Mohamed.

Teknologi SFD adalah teknologi yang dipatenkan dan terbukti dari NXT Energy Solutions Inc. yang berbasis di Calgary, Kanada.

CEO NXT George Liszicasz, yang juga hadir untuk penandatanganan MoU tersebut, mengatakan bahwa “Penerapan regional metode udara kita oleh Generation Resource Discoveries adalah pendekatan yang tepat, dan kami sangat antusias untuk bermitra dengan mereka dalam proyek yang menantang ini dan berharap dapat memberikan kesuksesan kepada mitra kami dan Aceh. ” [JP/na]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: