OJK siapkan peraturan tentang equity crowdfunding

kabar-energi.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang mengerjakan peraturan baru untuk equity crowdfunding, di mana sejumlah besar orang berinvestasi di perusahaan yang tidak terdaftar, biasanya melalui platform internet.

Juru bicara OJK, Sekar Putih Djarot mengatakan otoritas telah menyelesaikan rancangan peraturan dan saat ini mencari masukan dari industri keuangan dan pemangku kepentingan lainnya.

“Kami bertujuan untuk menegakkan peraturan secepat mungkin,” kata Sekar di Jakarta pada hari Minggu (8/7).

Tidak seperti penawaran umum perdana (IPO) melalui Bursa Efek Indonesia (BEI), crowdfunding biasanya melibatkan sejumlah besar investor ritel yang menempatkan dalam jumlah kecil.

“Ini sebagai cara alternatif untuk mengumpulkan dana untuk startup kecil dan menengah,” Sekar menambahkan.

Sementara itu, direktur utama BEI Inarno Djayadi menyambut baik rencana OJK untuk menerbitkan peraturan tersebut, menekankan bahwa equity crowdfunding akan membantu usaha kecil dan menengah (UKM) berkembang. “Ini bagus untuk UKM,” tambahnya.

Kepala penelitian Narada Asset Management Kiswoyo Adi Joe mengatakan peraturan itu akan memiliki dampak positif pada pengembangan pasar saham domestik, karena akan diversifikasi produk pasar saham.

Dia mengatakan equity crowdfunding tidak akan tumpang tindih dengan investasi IPO yang didorong oleh BEI. “Kami masih harus menunggu untuk melihat apakah peraturan akan saling mendukung dan memperkaya pilihan produk,” tambah Kriswoyo. [JP/na]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: