Pemerintah resmikan sistem OSS permudah izin usaha

kabar-energi.com – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution telah mengatakan bahwa mendapatkan lisensi meskipun sistem Pengajuan Tunggal Daring (OSS) baru-baru ini diluncurkan tidak sesederhana yang diharapkan pemerintah.

“Kami harus melakukan yang terbaik untuk mereformasi peraturan yang relevan, tetapi sistemnya tidak sesederhana yang kami harapkan karena hukum yang berlaku. Kami mencoba mengatasi masalah ini, ”kata Darmin saat peluncuran OSS (Online Single Submission) pada hari Senin (9/7) di Jakarta.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang hukum yang dipermasalahkan, tetapi dia menjelaskan bahwa sistem OSS mengecualikan lisensi di sektor energi dan keuangan.

Darmin mengatakan bahwa sistem baru memiliki tiga pilar utama.

Pertama adalah untuk menyediakan sistem yang aman dan terkendali untuk memfasilitasi perizinan usaha sebagai kepastian hukum bagi investor.

Kedua adalah mengembangkan teknologi informasi mutakhir (TI) untuk memastikan akses mudah ke semua investor dan ketiga, untuk menyederhanakan proses perizinan.

“Jika sistem tidak didukung oleh lembaga yang kuat dengan integritas tinggi, itu tidak akan berfungsi dengan baik,” kata Darmin, menambahkan bahwa lembaga yang kuat akan didukung oleh gugus tugas.

Koordinator Perekonomian untuk sementara waktu bertanggung jawab atas sistem perizinan OSS, karena Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) belum siap untuk mengelola pekerjaan itu. [JP/na]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: