Konsorsium usulkan perubahan lokasi kereta cepat Jakarta-Bandung

kabar-energi.com – Konsorsium milik negara PT PIlar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) telah mengusulkan perubahan lokasi untuk proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung ke pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Perubahan itu terkait dengan sekitar 1.000 bidang tanah, yang belum diperoleh,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa di Bandung pada hari Kamis (12/7).

Iwa mengatakan, perwakilan pemerintahan telah bertemu direktur utama PSBI Natal Argawan Pardede untuk membahas percepatan pembebasan tanah.

PSBI melaporkan bahwa dari sekitar 5.000 bidang tanah yang terkena proyek, sekitar 2.500 bidang tanah telah diperoleh dan 1.200 bidang tanah berada dalam proses konsinyasi.

“Apa yang harus didukung oleh pemerintah provinsi dan pemerintah daerah lainnya, yang wilayahnya dilalui proyek, serta oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN), adalah 1.000 bidang tanah yang belum diperoleh,” katanya.

“Kami ingin proyek ini dilaksanakan berdasarkan peraturan. Oleh karena itu, kami perlu mengeluarkan dokumen untuk perubahan lokasi. ”

Iwa mengatakan PSBI mengklaim bahwa perubahan lokasi tidak akan mempengaruhi pembangunan proyek, yang upacara peletakan batu pertama diadakan pada Januari 2016.

Iwa mengatakan, pemerintah akan menugaskan petugas untuk melakukan pembaruan data dari tanah dengan harapan dokumen itu dapat segera diselesaikan.

“Target pembebasan lahan bulan Juli atau Agustus,” katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah akan berkomunikasi dengan BPN untuk proses pembebasan lahan. [JP/na]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: