Empat siswa Indonesia raih perak Olimpiade Biologi internasional

Empat siswa memenangkan perak di olimpiade biologi internasional
Siswa Indonesia Samuel Kevin Pasaribu (kiri), Silingga Metta Jauhari (kiri kedua), Syailendra Karuna Sugito (kanan kedua) dan Aditya David Wirawan (kanan) berfoto bersama Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimuddin di sela-sela upacara penutupan International ke-29 Olimpiade Biologi (IBO) di Teheran pada hari Sabtu. (Foto: kedubes Teheran)

kabar-energi.com – Empat siswa SMA Indonesia telah memenangkan medali perak dalam acara 29th International Biology Olympiad (IBO) di Teheran.

Keempat siswa tersebut adalah Samuel Kevin Pasaribu, Syailendra Karuna Sugito, Aditya David Wirawan dan Silingga Metta Jauhari. “Kami sangat bangga dengan empat peserta yang memenangkan perak pada olimpiade biologi tingkat internasional,” kata Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimuddin dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Minggu (22/7).

Sejumlah 265 peserta dari 78 negara berlaga di olimpiade, yang diadakan dari tanggal 15 hingga 22 Juli. Tim Indonesia terdiri dari empat peserta, lima pendamping dan satu anggota juri. Kompetisi IBO tahunan untuk siswa SMA telah diadakan sejak tahun 1960-an.

Kementerian pendidikan setiap negara peserta dapat mengirim hingga empat siswa untuk berkompetisi, yang dinilai dan diberi peringkat secara individual pada pengetahuan biologi dan teoritis dan praktis mereka.

IBO sendiri tidak memeringkat negara tetapi negara-negara bangga dalam menghitung jumlah medali yang dimenangkan oleh siswa mereka sebagai ukuran prestise internasional.

Tahun ini, misalnya, tim Taiwan memenangkan empat medali emas, sementara tim Vietnam memenangkan tiga emas dan satu perak. Tahun lalu, Indonesia memenangkan satu emas, dua perak dan satu perunggu.

Olimpiade tahun depan akan diadakan pada bulan Juli di Szeged, Hongaria. [JP/na]

1 Comment
  1. […] Baca juga : Empat siswa Indonesia raih perak Olimpiade Biologi internasional […]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: