Kebijakan Medco kurangi harga gas di Blok A Aceh

kabar-energi.com – Direktur Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral untuk minyak dan gas, Djoko Siswanto, mengatakan kepada media pada hari Kamis (26/7) bahwa kesepakatan untuk mengurangi harga gas menjadi US $ 7,08 per juta British thermal units (mmbtu) dicapai antara perusahaan energi lokal PT Medco E & P Produser pupuk Malaka dan Nanggroe Aceh Darussalam PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

“Kami telah mencapai kesepakatan untuk mengurangi biaya gas di Blok A untuk PIM sekitar $ 2 per mmbtu dari $ 9,45 menjadi $ 7,08 per mmbtu,” katanya menambahkan bahwa gas yang berharga lebih rendah ditetapkan untuk ditransmisikan ke PIM pada 1 Agustus.

Lebih lanjut Djoko mengatakan, kesepakatan itu adalah hasil tawar-menawar dari kedua belah pihak, yang difasilitasi oleh kementerian baru-baru ini. Kesepakatan itu akan terikat oleh perjanjian penjualan dan pembelian gas (PJBG).

PT Medco E & P Malaka, yang merupakan anak perusahaan dari perusahaan minyak dan gas PT Medco Energi Internasional, adalah kontraktor dan operator dari blok gas yang disebut Blok A di Aceh Timur yang telah menetapkan produksi gas awalnya pada 50 juta kaki kubik gas.

Seperti yang dilaporkan pada akhir tahun lalu, semua produksi gas di Blok A akan dikirim ke PIM, yang berlokasi di Aceh Utara dan untuk mendorong pembangkit listrik PLN.

Kontrak Medco di Blok A dimulai pada 2011 dan akan berakhir pada 2031 dengan program kontrak bagi hasil (PSC). Blok A diperkirakan memiliki cadangan gas sebesar 120 juta kaki kubik gas. [jp/na]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: