Kerjasama Indonesia dan Malaysia Dalam Melindungi Industri Kelapa Sawit

kabar-energi.com – Malaysia dan Indonesia hari ini (10/8) menegaskan kembali komitmen mereka untuk bekerja sama mempromosikan produk-produk kelapa sawit dan melawan serangan terhadap industri minyak sawit oleh Eropa.

Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Darell Leiking dan Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita, dalam konferensi media bersama, mengatakan penyelesaian masalah akan menjadi prioritas bagi kedua kementerian.

“Kedua negara akan meningkatkan peran Dewan Negara Penghasil Minyak Sawit untuk mempromosikan produk kelapa sawit,” kata Darell, yang melakukan kunjungan kerja tiga hari ke Indonesia mulai hari ini.

Pada bulan Januari tahun ini, Parlemen Eropa memilih untuk menghentikan biodiesel yang dibuat dari minyak sawit pada tahun 2021.

Darell mengatakan kunjungannya adalah kelanjutan dari kunjungan resmi dua hari Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad ke Jakarta pada bulan Juni untuk lebih meningkatkan kerjasama antara kedua negara.

Enggartiasto, sementara itu, mencatat bahwa Malaysia dan Indonesia menghasilkan 80 persen dari minyak sawit dunia dan kedua negara adalah dua produsen terbesar.

“Kami akan bekerja sama untuk melawan serangan dan berkomitmen untuk bersama-sama mempromosikan produk minyak sawit,” tambahnya.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Indonesia adalah mitra perdagangan terbesar ketujuh Malaysia secara global dan ketiga terbesar di ASEAN. Perdagangan bilateral hampir dua kali lipat dari US $ 9,02 miliar (US $ 1 = RM4,08) pada 2006 menjadi US $ 16,89 miliar tahun lalu.

“Selama dekade terakhir, investasi Malaysia berada di sektor-sektor utama seperti perbankan, perkebunan, konstruksi, jalan tol, energi serta telekomunikasi.

“Ini adalah harapan kami bahwa kunjungan kerja akan diterjemahkan ke dalam kesuksesan ekonomi yang lebih besar bagi kedua negara,” tambah kementerian tersebut. [jp/na]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: