OJK keluarkan peraturan tentang teknologi keuangan

kabar-energi.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan peraturan tentang teknologi keuangan (fintech), yang lebih komprehensif daripada peraturan yang berlaku yang hanya mengatur pinjaman peer-to-peer.

Peraturan yang dikeluarkan pada 15 Agustus, terdiri dari 45 artikel yang mencakup inovasi dalam teknologi digital untuk sektor keuangan.

Peraturan tersebut mencakup sejumlah masalah seperti penyelesaian transaksi yang berkaitan dengan investasi, sementara untuk penggalangan dana, peraturan tersebut mencakup crowdfunding ekuitas, pertukaran virtual, kontrak cerdas dan uji tuntas alternatif.

Dalam berurusan dengan manajemen investasi, peraturan tersebut mencakup, berbagi kemampuan, teknologi informasi sumber terbuka, saran dan manajemen otomatis, perdagangan sosial, dan perdagangan algoritmik ritel.

Sementara itu, untuk pengumpulan dan distribusi dana, peraturan ini membahas basis alokasi teknologi atau pinjaman peer-to-peer, alternatif penanganan, teknologi virtual, seluler 3.0 dan antarmuka pemrograman aplikasi pihak ketiga.

Untuk asuransi, peraturan juga mencakup pembagian ekonomi,  distribusi digital serta sekuritisasi dan dana lindung nilai.

Untuk dukungan pasar, peraturan ini berkaitan dengan kecerdasan buatan / pembelajaran, sentimen sosial, data besar, platform informasi pasar serta pengumpulan dan analisis data otomatis.

Untuk mendukung pembiayaan digital, peraturan juga berhubungan dengan sosial / eco crowdfunding, pembiayaan digital Islam, e-wakaf, e-zakat, saran robo dan penilaian kredit.

Sementara itu, untuk layanan keuangan lainnya, peraturan ini juga mencakup perdagangan faktur, voucher, token dan aplikasi blockchain [jp/na]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: