Harga listrik di bagian Amerika lebih tinggi pada 2018, disebabkan lonjakan musim dingin dan musim panas

Harga listrik selama 2018 di pusat perdagangan utama di Amerika Serikat umumnya lebih tinggi daripada pada 2017. Harga  pada 2018 berkisar antara 14% lebih tinggi dari pada 2017 di daerah yang dilayani oleh Midwest Independent System Operator (MISO) hingga 60% lebih tinggi di pasar listrik ERCOT melayani sebagian besar Texas. Harga  listrik bulanan juga lebih fluktuatif pada 2018 dibandingkan pada 2017, melihat lonjakan selama bulan-bulan musim dingin dan musim panas.

Harga listrik satu hari sebelumnya selama jam sibuk — umumnya didefinisikan sebagai hari kerja mulai pukul 07.00 hingga 22.00 — di pasar yang dikelola oleh Independent System Operator (ISO) New England, rata-rata $ 116 per megawatthour (MWh) pada Januari 2018 tetapi rata-rata hanya $ 44 / MWh pada bulan Februari dan Maret. Harga listrik Januari yang lebih tinggi adalah hasil dari pasokan gas alam yang terbatas selama minggu-minggu pertama bulan itu disebabkan oleh periode cuaca yang lebih dingin dari biasanya, yang mengharuskan penggunaan pembangkit berbahan bakar minyak dengan harga lebih tinggi. Harga listrik  di pasar Atlantik tengah dan Timur Tengah bagian tengah yang dilayani oleh PJM juga meningkat pada Januari 2018, rata-rata $ 73 / MWh.

Periode puncak harga listrik selama bulan-bulan musim panas 2018 lebih tinggi di sebagian besar wilayah Amerika Serikat daripada di musim panas 2017. Misalnya, di pasar Dewan Keandalan Listrik Texas (ERCOT) Texas, harga bulanan selama Juli 2018 rata-rata $ 112 / MWh dibandingkan dengan $ 36 / MWh pada Juli 2017. Harga yang lebih tinggi ini adalah hasil dari rekor tingkat permintaan listrik di suatu wilayah di mana kapasitas pembangkit yang tersedia terbatas. Harga musim panas juga tinggi di sebagian besar Amerika Serikat bagian barat. Rekor permintaan listrik yang tinggi di daerah California ISO (CAISO) pada akhir Juli, dikombinasikan dengan kenaikan tajam dalam biaya bahan bakar gas, menyebabkan harga CAISO bulanan rata-rata $ 101 / MWh, yang merupakan harga rata-rata bulanan tertinggi sejak 2009.

Gas alam terus menjadi bahan bakar bagian yang tumbuh dari listrik yang dihasilkan di Amerika Serikat. Meskipun harga gas alam meningkat tahun lalu, biaya menghasilkan listrik dengan gas alam tetap relatif rendah. Harga gas alam yang rendah dan berkelanjutan mendorong penambahan kapasitas baru berbahan bakar gas alam pada tahun 2018. Di beberapa daerah di negara ini, pensiunan pabrik batu bara yang sedang berlangsung juga berkontribusi pada perubahan struktural menuju gas alam.

Untuk semua tahun 2018, gas bumi memicu sekitar 35% dari total pembangkit listrik A.S., naik dari 32% pada 2017. Sebaliknya, pangsa total pembangkit dari batubara menurun dari 30% menjadi 27% tahun lalu. Generasi dari pembangkit listrik tenaga angin dan matahari tumbuh dari pangsa gabungan 8% pada 2017 menjadi 9% pada 2018. Bagian pembangkit listrik tenaga air AS tahun lalu relatif sama dengan level 2017, menyumbang sekitar 7% dari total pembangkit listrik.

 

Sumber: https://www.eia.gov/todayinenergy/detail.php?id=37912

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: