Pembelian emas bank sentral melonjak ke level tertinggi dalam 50 tahun

Terhadap latar belakang berlanjutnya volatilitas pasar saham dan risiko geopolitik, permintaan emas melonjak pada Q4 tahun 2018, menurut laporan baru yang dirilis hari ini dari World Gold Council.

Permintaan emas tahunan meningkat 4% dari pembelian bank sentral tertinggi dalam 50 tahun. Permintaan emas pada 2018 mencapai 4.345,1 ton, naik dari 4.159,9 ton pada 2017. Permintaan bank sentral terhadap emas melonjak ke level tertinggi sejak pembubaran Bretton Woods.

Permintaan bank sentral untuk emas melonjak menjadi 651 ton pada 2018, 74% lebih tinggi dari tahun ke tahun — tingkat tertinggi sejak pembubaran Bretton Woods dan AS menghilangkan standar emas. Pembelian bersih melonjak ke level tertinggi sejak 1971, karena kumpulan bank sentral yang lebih besar beralih ke emas sebagai diversifikasi.

Rusia, Turki, dan Kazakhstan tetap menjadi pembeli utama sepanjang tahun, sementara produksi emas Rusia naik 10% dari tahun ke tahun. Analis Dewan Emas Dunia menyatakan bahwa bank sentral bereaksi terhadap meningkatnya tekanan ekonomi makro dan geopolitik dengan secara aktif meningkatkan cadangan emas mereka.

Kelemahan pasar saham pada kuartal keempat membantu mendorong arus masuk ke dalam dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas, yang menghasilkan 3,4 miliar arus masuk. Laporan tersebut mengungkapkan arus masuk tahunan ke ETF yang didukung emas melambat menjadi 68,9 ton, 67% lebih rendah dari 206,4 ton pada 2017.

Aliran tahunan yang cukup besar ke dana yang terdaftar di Eropa (+96,8 ton) mendorong pertumbuhan di sektor ini, tulis laporan itu. Dan sementara dana Amerika Utara mengalami arus keluar yang besar untuk sebagian tahun ini, arus masuk global Q4 yang kuat mendorong total aset yang dikelola menjadi 2.440 ton pada akhir tahun, naik 3% tahun-ke-tahun dari 2.371 ton. Untuk pertama kalinya sejak 2012, nilai total kepemilikan ETF yang didukung emas menyelesaikan tahun di atas $ 100 miliar.

 

Sumber: http://www.mining.com/central-bank-gold-buying-surges-50-year-high/

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: