Reaktor Hualong selesai di Pakistan

kabar-energi.com – Semua internal reaktor telah dipasang di unit 2 dari pembangkit listrik tenaga nuklir Karachi (Kannupp) Pakistan, China National Nuclear Corporation (CNNC) telah mengumumkan. Unit ini akan terdiri dari reaktor Hualong One berdesain China.

CNNC mengatakan, 28 Januari, bahwa pemasangan reaktor telah selesai 35 hari lebih cepat dari jadwal. Semua peralatan diproduksi dan dipasok oleh CNNC. Para perancang adalah Institut Penelitian dan Desain Tenaga Nuklir China, dan produsen langsungnya adalah Shanghai Machine-Tool Plant No 1.

Saat ini hanya reaktor air berat 137MWe Candu yang beroperasi di Kannupp. Ini mulai beroperasi pada tahun 1971. Pada tahun 2013, sebuah perjanjian disepakati antara Pakistan dan Cina untuk pembangunan unit kedua dan ketiga. Awalnya mereka direncanakan memiliki reaktor CAP1400 – proyek Cina yang dikembangkan berdasarkan reaktor Westinghouse AP1000, tetapi kemudian diputuskan untuk menggunakan proyek Cina baru Hualong One (HPR1000) yang dikembangkan bersama oleh dua perusahaan nuklir utama Cina – CNNC dan China General Nuclear (CGN).

Konstruksi Kannupp 2 & 3 dimulai pada 2015 dan 2016 tetapi tenggat waktu untuk commissioning mereka telah berulang kali ditunda. Saat ini mereka dijadwalkan memulai operasi komersial yaitu 2021 dan 2022.

Selain dua unit yang sedang dibangun di Karachi, empat unit Hualong One sedang dibangun di Cina. CNNC membangun dua unit di pabrik Fuqing di provinsi Fujian, sementara China General Nuclear (CGN) membangun dua unit di situs Fangchenggang di provinsi Guangxi. Keempat unit diharapkan untuk memasuki operasi komersial pada 2019-2020. CGN mengusulkan untuk menggunakan versi Inggris dari desain Hualong One di situs Bradwell B yang direncanakan di Inggris.

[NEIMAGAZINE]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: