Tunggu Kilang Rampung, Pertamina Impor Green Diesel Eni

kabar-energi.com – Eni akan memasok green diesel ke PT Pertamina (Persero) sambil menunggu disetujui pengembangan green kilang yang saat ini dilakukan di Kilang Plaju.

Syahrial Mukhtar, Sekretaris Perusahaan Pertamina, mengatakan impor green diesel hanya dilakukan sementara. Pengembangan di Kilang membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Karena itu, tidak hanya menunggu pengembangan, Pertamina juga ikut serta para ahli untuk ikut melakukan pengolahan Minyak Sawit Mentah (CPO) menjadi diesel hijau.

“Kami siapkan tim untuk bisa mengatur teknologinya. Jadi waktu nanti dioperasikan, kami betul-betul bisa dioperasikan langsung, ”kata Syahrial ditemui di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Rabu (6/2).

Pertamina sebelumnya telah menyetujui Kepala Perjanjian Usaha Patungan untuk pengembangan kilang hijau di Indonesia serta Lembar Pemrosesan CPO di Italia.

Perjanjian Pemrosesan CPO mengawali upaya Pertamina untuk melakukan persetujuan CPO di kilang.

Pertamina terus melakukan kerja sama dengan perusahaan migas dunia yang sudah berpengalaman dalam pengembangan energi hijau untuk memproses CPO 100% menjadi diesel juga green avtur. Eni memiliki keahlian di bidang teknologi Biorefineries di Italia dan bersama UOP memili linsensi teknologi Ecofining

Menurut Syahrial, Pertamina tetap membutuhkan pasokan diesel hijau dari Eni yang diolah di Italia. Hal itu juga dimaksudkan untuk memulai memperkenalkan varian bahan bakar baru dengan kualitas jauh lebih baik. Namun Pertamina belum dapat memastikan jadwal pengiriman CPO ke Italia untuk diproses menjadi diesel hijau.

“Ini kami Manfaatkan juga kapasitas ENI yang ada di Italia untuk mengolah CPO dari sini. Nanti jadi green dieselnya dibawa ke sini, langsung bisa digunakan dan dipasarkan untuk kebutuhan dalam negeri, ”tandas Syahrial. (RI)

[DE]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: