Saham Muamalat Siap Akuisisi Ilham Habibie 50,3%

kabar-energi.com – Putra mantan Presiden RI yang ketiga BJ Habibie, yakni Ilham Habibie akan mengakuisisi sejumlah 50,3% saham Bank Muamalat melalui perusahaan miliknya, yaitu Al Falah Investments PTE Limited. Akuisisi tersebut ditargetkan selesai pada Mei 2019.

Rospektus rancangan akuisisi bank syariah tertua ini berkaitan dengan right issue yang akan diselenggarakan Bank Muamalat melalui penawaran umum terbatas dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebesar Rp2,2 triliun. Adapun nanti Al Falah akan mengambil bagian 77,1% dari aksi korporasi tersebut.

Perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Singapura tersebut akan menjadi pembeli saham siaga apabila pemegang saham eksisting Bank Muamalat tidak mengeksekusi haknya dalam right issue tersebut.

Dalam kutipan prospektus tersebut, “Al Falah adalah perusahaan yang dimiliki dan didirikan bersama oleh Bapak Ilham Akbar Habibie (“Ilham Habibie”) dan CP5 Hold Co 2 Limited (“CP5”), perusahaan investasi yang secara tidak langsung dimiliki 100% oleh dana yang dikelola oleh SSG Capital Management Limited (“SSG”) untuk tujuan berinvestasi di Bank Muamalat.”

Di mana CP5 adalah pemegang saham tunggal Al Falah, dan saat ini sedang dalam proses perubahan komposisi pemegang saham di mana Ilham Habibie dan CP5 masing-masing akan memiliki sekitar 51% dan 49% kepemilikan saham di Al Falah.

Al Falah memiliki modal dengan nilai sekitar US$ 121 juta (atau setara Rp. 1,7 triliun). Setelah diselesaikannya Rencana Akuisisi, Bpk. Ilham Habibie dan SSG akan secara bersama-sama mengendalikan Bank Muamalat.

Beberapa pemegang saham Bank Muamalat samapai saat ini, yaitu Islamic Development Bank (32,7%, Boubyan Bank (22%), Atwil Holdings Limited (17,95), National Bank of Kuwait (8,5%, IDF Investment Foundation (3,5%), BMF Holdings Limited (2,85), dan pemegang saham minoritas lainnya (12,6%).

Sementara itu sekretaris PT Bank Muamalat Hayunaji mengatakan jika rancangan akuisisi tersebut disetujui akan dapat membantu memperkuat permodalan Bank Muamalat.

“Jika rancangan akuisisi ini disetujui, kami yakin bahwa akuisisi dan penawaran umum terbatas yang akan dilakukan dapat membantu memperkuat struktur permodalan Bank Muamalat,” ujar Hayunaji, Kamis (18/4/2019).

 

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: