Pertamina Luncurkan PertafloSIM, Aplikasi Penghitung Distribusi Migas

Petugas memeriksa tangki penampungan avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (1/8). Guna mendukung penerbangan 19 kloter haji yang berangkat dari embarkasi Palembang, PT Pertamina (persero) Marketing Operation region (MOR) II Sumbagsel menyiapkan tambahan avtur sebesar 51 persen dari rata-rata hari normal setiap bulannya. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/17.

kabar-energi.com – Perusahaan holding Minyak dan Gas milik Negara Pertamina telah meluncurkan  software disebut, aplikasi yang dirancang untuk mengukur aliran minyak dan gas melalui pipa-pipa dari dasar sumur hingga ke permukaan dan titik serah atau titik jual (sales point), di Jakarta, Senin (15/4)

Software ini merupakan hasil inovasi para teknisi perminyakan Pertamina bersama dengan Research Consortium OPPINET Institut Teknologi Bandung (ITB).

Direktur Perencanaan, Investasi, dan Manajemen Risiko Pertamina, Heru Setiawan mengatakan, perangkat ini akan meningkatkan efisiensi dalam bisnis hulu karena harga perangkat lunak lebih murah dibanding software komersial dengan sistem sewa lisensi yang sebelumnya digunakan Pertamina.

“Pertamina saat ini sedang mengembangkan jaringan perpipaan yang luas pada blok-blok terminasi, sehingga software ini sangat mendukung efisiensi di sektor hulu,” ujar Heru, di sela-sela peluncuran PertafloSIM

Peluncuran dilakukan oleh Direkktur Hulu Peryamina Dharmawan H. Samsu, Direktur Perencanaan, Investasi, dan Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina Heru Setiawan, Senior Vice President Research & Technology Center Pertamina Dadi Sugiana, Vice President Upstream Research & Technology Pertamina Sigit Rahardjo, dan Ketua OPPINET ITB Septoratno Siregar.

Aplikasi tersebut merupakan kebanggaan karena hasil inovasi anak negeri sendiri. Kinerjanya sudah divalidasi dengan data lapangan-lapangan di Indonesia sehingga berhasil memberikan solusi terhadap masalah operasi yang ada.

Sejak 18 tahun lalu Pertamina telah bekerja sama dengan ITB mengembangkan software perhitungan aliran minyak dan gas dalam pipa. Motivasinya adalah bagaimana memecahkan permasalahan-permasalahan di lapangan melalui model matematika dan simulasi

“Software ini sudah diterapkan pada ujicoba di Lapangan Tambun yang memiliki jaringan lengkap mulai dari dry gas, black oil, dan model multiphase compositional,” ujar Heru.

PertafloSIM juga telah dipresentasikan kepada SKK Migas dan Direktorat Hulu yang akan menjadi potensi pengguna paling besar mulai dari Upstream Technical Center, Eksploitasi Pertamina EP, Asset-1, Asset-2, Asset-3, Asset-4, dan Asset-5 Pertamina EP, Pertamina Hulu Energi, dan Pertamina Hulu Mahakam. [MNR]

1 Comment
  1. […] Pertamina Luncurkan PertafloSIM, Aplikasi Penghitung Distribusi Migas […]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: