Sinar Mas Agribusiness and Food Berdayakan Petani Lokal Penuhi Bahan Bakunya

kabar-energi.com – Head of Downstream Sustainability Implementation  Sinar Mas Agribusiness and Food Daniel Prakasa mengatakan akan membeli minyak sawit dari perkebunan lain untuk memenuhi kebutuhan bahan baku pabrik makanannya, selain minyak kelapa sawit dari perkebunannya sendiri.

Dia mengatakan perusahaan membeli sekitar 7 juta ton minyak kelapa sawit dari perkebunan setiap tahun.

Sekitar 60% minyak sawit Sinar Mas Agribusiness and Food dibeli dari perkebunan rakyat dalam lokakarya di Kota Medan Kamis (20/6/2019), yang merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam membantu para pemasok menjadi produsen minyak kelapa sawit berkelanjutan yang dihadiri oleh 30 pemasok CPO dan 18 penjual tandan buah segar kelapa sawit.

“Kami menginginkan nama yang dapat menginspirasi tindakan dan mendorong para pemasok bekerja bersama dengan kita untuk membela industri ini dan menunjukan bahwa kelapa sawit Indonesia dapat diproduksi secara berkelanjutan,” jelas Daniel.

Dia meyakinkan bahwa meskipun perkebunan kelapa sawit dikelola oleh petani kecil, proses produksi memenuhi prinsip-prinsip berkelanjutan sehingga kami dapat memetakan asal pasokan TBS (Tandan Buah Segar)

“Selama empat tahun terakhir, kami berupaya untuk mewujudkan rantai pasok yang dapat ditelusuri dan berkelanjutan, dimulai dengan kemamputelusuran hingga ke PKS (Pabrik Kelapa Sawit) dan saat ini bergerak ke area perkebunan, sehingga kami dapat memetakan asal pasokan TBS (Tandan Buah Segar) kami,” Daniel Prakarsa melanjutkan.

Kepala komunikasi Sinar Mas Agribusiness and Food Wulan Suling mengatakan total area perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh Sinar Mas per 31 Maret adalah 500.202 hektar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

Wulan mengatakan perusahaan tidak berencana untuk menambah lebih banyak area perkebunan di Indonesia karena masalah ketersediaan lahan dan karena perusahaan masih bisa mengandalkan perkebunan lain untuk meningkatkan produksi pangan.

Selain beroperasi di Indonesia, Sinar Mas Agribusiness and Food juga memperluas bisnisnya di Cina dan India, katanya, menambahkan bahwa produknya termasuk minyak goreng nabati dan mie instan. [05]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: