Saham Aneka Tambang Melesat di Reksadana Syariah Saham KBLI

kabar-energi.com – Harga saham KMI Wire and Cable Tbk (KBLI) pada perdagangan Kamis (04/07/2019) ditutup melesat 4,1 persen ke level Rp635 per saham.

Senada, volume transaksi perdagangan kemarin tercatat sebanyak 490,75 ribu lot saham dengan nilai transaksi Rp30,98 miliar, melonjak cukup besar dibandingkan dengan transaksi sehari sebelumnya yang sebanyak 247,47 ribu lot dengan nilai transaksi Rp15,33 miliar.

Sejak awal tahun hingga penutupan perdagangan kemarin, saham KBLI memang bergerak sangat fantastis dengan terus merangkak naik dan telah mencatatkan kenaikan hingga 110,26 persen year to date (YtD).

Di sisi lain, lonjakan saham KBLI yang terjadi pada perdagangan kemarin turut mendorong kinerja reksadana saham yang memiliki saham tersebut dalam portofolionya.

Berdasarkan data reksadana saham yang dijual Bareksa, kemarin reksadana saham Sucorinvest Sharia Equity Fund berhasil mencatatkan kenaikan tertinggi dibandingkan seluruh produk reksadana saham lain.

Reksadana saham yang dikelola oleh PT Sucorinvest Asset Management ini mencatatkan kenaikan 1,16 persen pada perdagangan kemarin. Sejak awal tahun, reksadana saham ini juga memiliki kinerja sangat atraktif dengan telah melesat hingga 13,25 persen YtD.

Hingga Mei 2019, reksadana ini memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) Rp283,78 miliar. Sucorinvest Sharia Equity Fund bertujuan untuk mengoptimalkan tingkat keuntungan dalam jangka panjang pada saham berbasis syariah dengan melakukan investasi minimum 25 persen dari net asset value (NAV) diinvestasikan pada saham-saham berkapitalisasi kecil – menengah yang memiliki pertumbuhan bisnis yang baik.

Arahan kebijakan investasinya yaitu :

• Minimum 80 persen dan maksimum 100 persen pada efek ekuitas – syariah
• Minimum 0 persen dan maksimum 20 persen pada instrumen pasar uang

Melansir fund fact sheet per Mei 2019, beberapa saham lain yang terdapat dalam portofolio Sucorinvest Sharia Equity Fund antara lain :

• PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)
• PT BISI International Tbk (BISI)
• PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI)
• PT Samindo Resources Tbk (MYOH)

Sebagai informasi, Sucorinvest Sharia Equity Fund dapat dibeli di Bareksa dengan minimal pembelian awal Rp100.000. Reksadana saham yang diluncurkan sejak 8 November 2013 ini bekerja sama dengan bank kustodian PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. [05/Bareksa]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: