Pabrikan Mobil listrik China Siap Ekpansi ke Indonesia

kabar-energi.com – Dua pabrikan mobil listrik dari China disebut berminta  untuk merelokasi bisnis mereka ke Indonesia. Hal tersebut imbas dari perang dagang antara Amerika Serikta (AS) dengan China.

Ridwan Djamaluddin, Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Kemaritiman, menyebutkan minat tersebut terungkap dalam saat Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke China pekan lalu.

“Mobil listrik, mau relokasi yang kemarin kita datangi BYD, JAC,” ujar Ridwan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Rabu (10/7/2019)

Tetapi, Ridwan menuturkan kedua perusahaan China itu tidak menyebutkan potensi nilai investasi yang akan ditanamkan di Indonesia.

“Mereka tidak mengungkapkan angka tapi sudah menyatakan minat. Syaratnya jelas dan lokasinya ada. Perpres sedang ditunggu,” ujarnya.

Mengenai lokasi relokasi, kedua perusahaan itu belum mengungkapkan secara spesifik. Namun daerah Jawa Barat merupakan salah satu pusat industri otomotif yang bisa jadi pilihan. “Tapi kalau dia mau mendekatkan sama sumber baterainya bisa juga di luar (Jawa) sana,” tambah Ridwan

Masalah penundaan itu, Menteri Koordinator Kelautan Luhut Pandjaitan mengatakan bahwa masih akan ada revisi terhadap rancangan peraturan presiden.

“Setelah saya kembali dari perjalanan ke luar negeri, kami melihat bahwa ada artikel (dalam peraturan) yang harus dibahas lebih lanjut,” katanya, menambahkan revisi diperlukan untuk memastikan bahwa hal itu tidak akan menghalangi investor untuk menaruh uang mereka di Indonesia. [05]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: