Perpres Kendaraan Listrik Tinggal Menunggu Tanda Tangan Jokowi

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan dua stasiun pengisian kendaraan listrik di kantor BBPT di Jakarta Pusat dan di pusat teknologi konservasi energi di Tangerang Selatan, Banten. (Foto: Tribun)

kabar-energi.com – Rancangan peraturan presiden (perpres) yang telah lama ditunggi saat ini tentang percepatan pengembangan kendaraan listrik sudah sampai di meja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Rancangan perpres sudah diantar ke sana, sudah di meja presiden,” ujar Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).

Draft final Perpress telah dipersiapkan cukup panjang melalui koordinasi Kemenko Maritim, dan kemudian Kemenperin, Kementerian ESDM, BPPT, Kemenhub serta stakeholder lainnya

“Semoga tidak akan ada lagi revisi,” tambah Hammam. Dimanan rancangan tersebut juga menyebutkan peran BPPT dalam penelitian dan pengembangan, serta implementasi pengembangan kendaraan listrik.

“Dalam pasal 7 dari rancangan peraturan tersebut dimana pemerintah pusat, pemerintah daerah dan industri dapat bekerja sama untuk melakukan penelitian dalam pengembangan dan inovasi teknologi kendaraan listrik,” ujar Hammam.

Sementara itu, dalam pasal 6, misalnya, mengharuskan perusahaan kendaraan listrik untuk mengembangkan pabrik serta komponennya di Indonesia untuk mendorong percepatan pengembangan kendaraan. [05]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: