Tangani Dampak Kebocoran Sumur Migas, Pertamina Gandeng Perusahaan AS

kabar-energi.com – PT Pertamina (Persero) terus mengambil langkah-langkah dalam upaya maksimal penanganan gelembung gas di sumur migas lepas pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), 2 kilometer utara Karawang, Jawa Barat, yang terjadi Jum’at (12/7/2019)

Salah satunya dengan menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Boots & Coots yang berpengalaman dalam menyelesaikan peristiwa serupa di Teluk Meksiko.

“Penanganan dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak yang kredibel, kompeten dan memiliki pengalaman dalam menangani kasus yang sama,” kata VP Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Tim mitigasi melibatkan sumber daya yang kredibel, kompeten, dan stakholder lainnya

Untuk mengurangi dampak risiko pencemaran lingkungan, Pertamina group telah mengerahkan 27 kapal dan 12 set Oil Boom. Selain itu, untuk mencegah agar tidak ada aktifitas penangkapan ikan oleh nelayan di lokasi sekitar, juga telah mengerahkan 7 unit kapal patroli bekerja sama dengan TNI AL, Satpolairud, dan Pokwasmas.

“Prioritas pertama kami adalah untuk memastikan keselamatan tim dan masyarakat, dan juga untuk mengurangi  dampak lingkungan di sekitar yang terkena dampak,” tambah Fajriyah.

Pertamina dan PHE ONWJ juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti SKK Migas, Kementerian ESDM, Kementerian LHK, pemerintah daerah, dinas lingkungan hidup daerah, TNI dan Polri, Ditjen Perhubungan Laut, KSOP, KKP, Pushidros AL, KKKS dan berbagai instansi lainnya.

“Pertamina ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat dan komunitas industri minyak dan gas,” kata Fajriyah

Pertamina bersama dengan warga Desa Sedari, Karawang, Jawa Barat juga telah melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Sedari. “Pertamina terus memantau perkembangannya dan melakukan tindakan penyelamatan lingkungan sesuai dengan kondisi di lapangan,” katanya. [05]

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: