IMF Beri Peringatan Indonesia Meskipun Ekonomi Prospektif

Kantor pusat International Monetary Fund (IMF) di Washington, AS. (Foto: Bisnis)

kabar-energi.com – Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) memuji Indonesia yang menunjukkan kinerja ekonomi yang baik sepanjang 2018 dalam menghadapi tantangan eksternal yang mempengaruhi langsung dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil di atas 5%

Sambil memperhatikan prospek ekonomi yang menguntungkan kedepan, disamping tetap waspada terhadap risiko, termasuk dari pembalikan aliran modal, mengingat ketergantungan Indonesia terhadap pembiayaan eksternal.

Dalam laporan yang disampaikan IMF setelah menyelesaikan konsultasi Pasal IV 2019 dengan Indonesia, yang diliris pada hari kamis (1/8/2019) bahwa mencapai pertumbuhan potensial yang lebih tinggi memerlukan paket reformasi struktural yang komprehensif, termasuk mobilisasi pendapatan domestik yang lebih tinggi dan pendalaman keuangan, yang akan mengurangi kerentanan dan reformasi di pasar modal, infrastruktur dan tenaga kerja dan produk.

Dalam pernyataan yang disampaikan IMF tersebut pertumbuhan PDB Indonesia akan tetap stabil di 5,2 persen pada 2019 dan 2020, dan naik menjadi 5,3 persen dalam jangka menengah, didukung oleh permintaan domestik yang kuat.

Fokus yang tepat kedepan terhadap kebijakan jangka pendek untuk melindungi makroekonomi dan stabilitas keuangan. Meningkatkan kualitas belanja dengan menyeimbangkan kembali pengeluaran ke infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan jaring pengaman sosial.

IMF juga mengingatkan risiko utama yang harus diperhatikan adalah ancaman eksternal yang meliputi ketegangan perang dagang, pengetatan tajam pada kondisi keuangan global, pertumbuhan yang lemah di China, serta gejolak harga komoditas, khususnya minyak. [05]

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: