Presiden Jokowi Kritik Kinerja PLN atas Pemadaman Listrik

kabar-energi.com  – Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa seharusnya perusahaan listrik negara PLN memiliki rencana darurat untuk mencegah pemadaman listrik besar yang terjadi di ibukota Jakarta dan provinsi daerah sekitarnya.

Setelah sebelumnya terjadi pemadaman listrik massal khususnya di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sebagian di Jawa Tengahyang yang terjadi pada hari Minggu (4/8/2019) berdampak pelanggan terganggu.

Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan bisnis mengalami pemadaman listrik setelah sirkuit transmisi pembangkit listrik yang memasok listrik ke bagian barat pulau Jawa terputus

“Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada contigency plan, ada back up plan. Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik,” kata Jokowi, Senin (5/8/2019)

Pemadaman juga pernah terjadi 17 tahun silam yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi perseroan karena pemadaman berkepanjangan sangat merugikan konsumen dan sangat membahayakan masyarakat. Presiden Jokowi beranggapan PLN tidak memiliki mitigasi risiko yang handal sehingga kejadian tersebut terulang kembali.

“Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan. Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya,” tambah Jokowi.

Pemadaman itu menghentikan sistem angkutan cepat massal MRT Jakarta dan jalur komuter daerah sekitarnya, membuat penumpang harus dievakuasi.

Plt. PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan pihaknya masih melakukan pemulihan dan kemungkinan terjadinya gangguan lebih lanjut sampai listrik sepenuhnya pulih.

“Kami minta maaf, tetapi sampai sore akan ada pemadaman bergilir, semoga dengan lebih banyak pembangkit listrik besar terhubung kembali, akan kembali normal”, ujar Sripeni, Senin (5/8/2019)

PLN membutuhkan lebih banyak waktu untuk memulihkan layanan karena pembangkit listrik tenaga batu bara, yang memasok sebagian besar pasokan listrik di pulau [05]

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: