Wakil Kaltim Berjaya Lomba Inovasi Desa

Penghargaan Lomdeskel Tingkat Nasional pada Temu Karya Nasional rangkaian kegiatan PINDesKel 2019. (DPMPD Kaltim)

kabar-energi.com – Wakil Kaltim berhasil Berjaya pada Lomba Desa/Kampung dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Nasional Regional III, di arena Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kampung dan Kelurahan (PINDesKel) 2019.

Tidak tanggung-tanggung, Kaltim berhasil memboyong tiga penghargaan sekaligus, yakni juara pertama perlombaan kelurahan (Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan),  juara kedua perlombaan desa (Desa Batu Putih, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau), dan  penghargaan Upakarya Wanua Nugraha (Walikota Balikpapan).

Secara umum juara lomba desa dimenangkan Desa Pulau Sapi dari Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara juara I, kemudian Kampung Batu Putih dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur juara II, dan Desa Tolinggula Tengah dari Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Sedangkan  juara kelurahan dimenangkan Kelurahan Tritip dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kelurahan Maburungan Raya dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara, serta Kelurahan Sungai Jawi dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Penghargaan diserahkan Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo kepada para juara pada Temu Karya Nasional rangkaian kegiatan PINDesKel 2019, di Jakarta, Kamis (15/8) malam.

Dalam arahannya dia memberikan ucapan selamat kepada pemenang Lomdeskel tingkat Nasional Regional I,II,II, dan IV.

Mereka yang ditetapkan sebagai juara di tingkat regional masing-masing merupakan terbaik dari yang terbaik. “Sedangkan Upakarya Wanua Nugraha, merupakan penghargaan  terbaik dalam rangka upaya pembinaan pemerintah daerah terhadap pemerintahan desa dan kelurahan,” sebutnya.

Menyikapi itu, Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi mengaku gembira dengan hasil terbaik yang diraih desa/kampung dan kelurahan yang mewakili Kaltim berlaga pada Lomdeskel tingkat Nasional. Dalam laporan tertulis melalui pesan WhatsApp kepada unsur pimpinan Pemprov Kaltim dan TPPKK Kaltim, Jauhar mengungkapkan kegembiraannya itu.

“Tadi malam (15/8) pada acara Temu Karya Nasional rangkaian kegiatan PINDesKel 2019 diumumkan hasil Lomdesekel tingkat Nasional. Alhamdulillah Kaltim memperoleh tiga penghargaan sekaligus,“ ujar Jauhar yang Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim itu.

Menurut Jauhar keberhasilan tersebut berkat dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Provinsi dan pihaklain yang terlibat. Termasuk pembinaan dari Tim Provinsi dan kekompakan serta kesigapan Tim Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa dan Kelurahan dalam menjawab berbagai pertanyaan (untuk level Prov dan Kabupaten/Kota menyangkut kebijakan).

Kemudian dihadapan Tim Juri Tingkat Nasional (Dirjen Bina Pemerintahan Desa,  Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Dirjen Administrasi Wilayah, para Direktur di lingkungan Ditjen BPD, Bappenas, akademisi dari UGM, IPB dan IPDN), pada lomdeskel tingkat regional III, tgl 6-9 Agustus 2019, di Jakarta. [05]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: