Pertama Berdiri Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA), dengan bantuan dari Korea Electric Power Corp, menyelesaikan pembangunan reaktor nuklir komersial pertama di dunia Arab. (Ejatlas)

kabar-energi.com – Kerjasama Uni Emirat Arab (UEA) dengan bantuan dari Korea Electric Power Corp, hampir menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di dunia Arab.

Perkembangan yang signifikan memungkinkan dilakukannya tes reaktor dan selama beberapa bulan ke depan, setidaknya akan ada 200 tes yang dilakukan pada sistem reaktor. Unit 3 Barakah juga akan menjalani pengujian fungsional panas yang menilai sistem pendingin dan keamanannya sebelum bahan bakar nuklir ditambahkan.

“Saya bangga dengan kemajuan yang terus dilakukan di unit tiga dari Pabrik Energi Nuklir Barakah,” kata Mohamed Al Hammadi, kepala eksekutif Emirates Nuclear Energy Corporation,” Selasa (20/8/2019)

“Kami telah mempertahankan rekam jejak keselamatan dan efisiensi kami dengan energi yang berhasil disambungkan ke jaringan dan kami terus menetapkan Barakah sebagai patokan untuk proyek-proyek konstruksi nuklir baru di seluruh dunia,” tambahnya.

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Barakah di Al Dhafra sekarang hampir selesai 93 persen dan ketika keempat reaktor dioperasikan akan menghasilkan hampir 25 persen dari kebutuhan listrik di UEA.

Proyek pembangunan fasilitas tersebut menelan biaya US$ 25 miliar dan akan mampu menghasilkan daya 5.600 megawatt atau 5,6 gigawatt

Untuk mulai menghasilkan daya, reaktor harus diisi dengan pelet uranium yang menghasilkan panas melalui reaksi nuklir terkontrol. Panas kemudian ditransfer ke air yang menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin.

Otoritas federal untuk regulasi nuklir UEA atau The Federal Authority for Nuclear Regulation (FANR) akan mengeluarkan lisensi operasi ketika operator memenuhi semua persyaratan peraturan

Tenaga kerja pabrik Barakah  sekitar 60 persen dari UEA dan seperempat di antaranya adalah wanita. Angka ini diyakini sebagai yang tertinggi untuk perusahaan tenaga nuklir di dunia. [05]

 

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: