Pertama di Dunia Rusia Luncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terapung

Reaktor Nuklir Akademik Lomonosov di tarik kapal. (rte)

kabar-energi.com – Pertama di dunia Rusia akan meluncurkan reaktor nuklir terapung, dimana kapal tersebut akan melakukan perjalanan menyeberangi Samudera Arktik, Jumat (23/8/2019).

Akademik Lomonosov kapal yang berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) akan meninggalkan pelabuhan Murmansk di Arktik untuk memulai perjalanan menempuh jarak 5.000 kilometer menuju timur laut Siberia, kapal telah di desain tetap stabil meski menabrak gunung es dan di hantam topan

Badan tenaga nuklir Rusia Rosatom menyatakan, reaktor nuklir ini merupakan alternatif sumber energi yang lebih sederhana untuk mendukung pabrik di daratan yang beku sepanjang tahun. Rosatom berencana menjual reaktor ini ke luar negeri.

Perjalanan reaktor akan mengarungi Arktik diperkirakan berlangsung selama 4 sampai 6 pekan, bergantung pada kondisi cuaca dan es di laut. Setibanya di Pevek, kota berpenduduk 5.000 jiwa wilayah Chukotka, Siberia, reaktor itu akan menggantikan pembangkit nuklir serta pembangkit berbahan bakar batubara.

Akademik Lomonosov mulai beroperasi pada akhir 2019, menyalurkan listrik ke fasilitas kilang minyak di kawasan itu. Dimana proses pembuatan Akademik Lomonosov dimulai pada 2006 di Saint Petersburg.

Kapal tersebut bisa menghasilkan 70 Megawatts untuk kebutuhan sekitar 200.00 orang, juga bisa memproduksi udara panas sebesar 50 g/Kw per jam, seperti halnya listrik aliran udara panas menjadi kebutuhan primer bagi warga di bagian utara Rusia, serta lengkapi juga dengan penyulingan air laut menjadi air minum.

Kapal Akademik Lomonosov di desain dan dibangun serta diawasi secara ketat oleh dua lembaga nuklir, serta telah memenuhi standar keamanan nuklir. [05]

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Pertama di Dunia Rusia Luncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terapung […]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: