Ibu Kota Negara, Kaltim Sumber Energi Nasional

Gubernur Kaltim, Isran Noor

kabar-energi.com – Kedaulatan dan kemerdekaan sebuah bangsa dan negara, tidak hanya ditandai dengan kekuatan militer, tetapi dapat dilihat juga dari kesejahteraan rakyatnya yang salah satu indikator utamanya yakni dengan tersedianya pangan serta energi yang cukup bagi masyarakat.

Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Isran Noor mengungkapkan bahwa Kaltim dapat menjadi sumber energi nasional, termasuk sumber pembangkit listrik, khususnya pemasok energi bagi ibukota negara setelah Kaltim diputuskan Presiden Jokowi

Kaltim juga juga memliki sumber energi yang lengkap. Seperti minyak dan gas bumi, batubara, matahari (solar cell), air (hidro) juga angin.

Hal itu tersebut ditegaskan Isran Noor pada saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Sabtu (31/8/2019).

“Kaltim ibukota negara. Tidak perlu khawatir kekurangan energi listrik. Disini sumber energi nasional. Selain minyak dan gas bumi serta batubara. Ada air, ada matahari dan ada angin. Itu sudah ada luar biasa listrik kita. Itu anugerah Tuhan yang sangat besar,” ungkap Isran yang juga mantan Ketua Apkasi.

Hamdan Zoelva: Sebagai Langkah Penyelamatan Organisasi Keputusan MPK PB HMI Harus Didukung
Presidium KAHMI saat foto bersama dalam Rakornas II KAHMI di Balikpapan. (Ist.)

Disamping itu Kaltim juga memiliki sumber-sumber air yang melimpah dalam memenuhi pasokan air dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat ibukota

“Induknya ada Sungai Mahakam. Juga sungai- sungai lain di sekitaran Balikpapan, Samboja dan Penajam. Belum lagi waduk-waduk juga banyak termasuk bendungan yang dibangun pemerintah melalui APBN,”  tambah Isran

Sungai dan waduk mampu memasok kebutuhan air baku bagi ketersediaan air bersih bagi warga ibukota yang diperkirakan bisa memuncak jumlahnya.

Pembukaan Rakornas II KAHMI juga dihadiri Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. Sekaligus sebagai pemateri Rakornas yang bertajuk Mewujudkan Kedaulatan Energi dan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat.

Rangakaian Rakornas juga mengagendakan FGD Strategi Daerah Penyangga Pangan IKN yang menghadirkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Juga di hadiri Ketua Dewan Pembina Majelis Nasional KAHMI Akbar Tanjung dan Ketua Umum Majelis Nasional KAHMI Hamdan Zoelva, tokoh-tokoh nasional,  serta seluruh majelis wilayah dan majelis daerah KAHMI se Indonesia [05]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: