Fintech Days 2019: OJK Goes To Campus Universitas Mulawarman

OJK Goes to Campus Unmul, Rabu (4/9/2019). (Ist)

kabar-energi.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim yang masuk wilayah regional IX Kalimantan dengan cakupan kerja meliputi Kaltim dan Kaltara menggelar ajang “goes to campus” Universitas Mulawarman (Unmul) di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (4/9/2019).

Kegiatan ini bertujuan mendorong peningkatan literasi bagi Mahasiswa millenial di Ibu Kota Negara yang baru di tetapkan oleh Presiden Jokowi, Senin (26/8/2019)

Acara yang diselenggarakan oleh OJK ini bekerjama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman dengan tema OJK Goes To Campus “Revolusi Industri 4.0 dan Fintech Lending: Peluang dan Tantangan untuk Dunia Kampus”, dimana kegiatan ini direspon baik oleh para mahasiswa.

Ardi Parminto selaku Dosen FEB Unmul yang menjadi pembicara acara tersebut mengungkapkan bahwa kita tidak bisa menghindari akan kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat pada era digital sekarang ini, yang dalam aktivitas sehari-hari sangat di perlukan.

“Perubahan dunia industri dengan menggunakan fitur AI (Artificial Intellegence) dan sistem otomatisasi, komputer terhubung satu sama lain dan dapat berpikir serta memproses data tanpa campur tangan manusia lagi, berdampak pada semua sektor kehidupan, seperti transportasi, retail, keuangan, asuransi, kesehatan, pertanian, pendidikan, ” ungkapnya.

OJK Goes To Campus “Revolusi Industri 4.0 dan Fintech Lending: Peluang dan Tantangan untuk Dunia Kampus”

Sementara itu Hendrikus Passagi Direktur Pengaturan, Perizinan dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan kalo kita baru mau mulai startup di bidang digital Fintech harus berkolaborasi dengan yang lain

“Untuk menjadi pengusaha di jaman millenial ini, kita tidak bisa berjalan sendiri harus berkolaborasi, jika bisnis model kita sudah ada maka kita harus aktualisasikan ke sistem digital kemudian harus punya leglitasnya, ” ujar Hendrikus

Dampak dengan adanya revolusi industrI 4.0 yaitu semakin berkembangnya teknologi sebagai bentuk penunjang keperluan manusia yang digambarkan dengan kolaborasi teknologi dengan usaha atau bisnis.

Tak tekecuali indonesia yang juga merasakan dampak dari revolusi industryi 4.0. Dalam riset Google dan Temasek dalam E-Conomy SEA 2018 Southeast Asia’s Internet Economy.

Menunjukkan bahwa nilai ekonomi dari bisnis digital Indonesia mencapai 27 milyar dollar pada tahun 2018.

Inka B. Yusgiantoro Analis Eksekutif Senior Group Riset Sektor Jasa Kuangan OJK mengatakan bahwa, ” Dimana usaha digital yang sekarang kita harus bisa memanfaatkan infrastruktur yang sudah di bangun oleh pemerintah serta usaha di bidang human capital.”

Tampak Dekan FEB Unmul Hj. Syarifah Hudayah dan Kepala OJK Kaltim Dwi Ariyanto serta Narasumber OJK Goes To Campus Universitas Mulawarman

OJK Goes To Campus Universitas Mulawarman merupakan salah satu rangkaian acara Fintech Exhibition yang rangkaiannya digelar selama empat hari, Senin-Kamis, 2-5 September 2019 di Samarinda, Kalimantan Timur, diikuti oleh berbagai perusahaan fintech yang telah terdaftar di OJK, yang digagas oleh OJK dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: