WOW..!! Wisata Edukasi Nuklir Bakal Dikembangkan di Bandung

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menerima audiensi dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Bandung di Balaikota, Rabu (4/9/2019)

kabar-energi.com – Kota Bandung segera memiliki destinasi wisata ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) nuklir yang bisa di kunjungi masyarakat,  lokasi wisata Iptek ini bertempat di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Bandung, Jalan Tamansari.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyambut positif dan mendukung pengembangan wisata nuklir ini. Dengan konsep wisata, maka istilah nuklir tidak lagi diartikan sebagai sesuatu yang menakutkan.

“Ini jadi sebuah titik tempat untuk kunjungan wisatawan. Karena itu kan pusat sains teknologi nuklir. Nuklir itu kan asumsi bom, serem, ternyata bisa dimanfaatkan kepada program yang bermanfaat,” kata Oded di Balai Kota Bandung, saat menerima kunjungan BATAN, Rabu (4/9/2019).

Ditambahkan bahwa BATAN sedang membangun gedung yang menjadi pusat edukasi nuklir, dimana akan menjadi wisata edukasi yang bisa diakses oleh wisatawan dan masyarakat. Lewat wisata tersebut, maka akan dipaparkan pemahaman tentang nuklir.

Pemkot Bandung mendukung adanya potensi pariwisata baru yang akan dikembangkan. Karenanya ia pun menunjuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut.

“Saya arahkan kerjasama bisa dengan dinas terkait dinas pariwisata. Ini luar biasa bagus,” ujarnya.

Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari mengungkapkan bahwa wisata edukasi ini merupakan inisiasi dari Batan. Pemkot Bandung dalam hal ini akan membantu untuk mempromosikan sebagai destinasi wisata baru.

Pertemuan membahas rrencana pembuatan area destinasi IPTEK dan menjadikan area tersebut sebagai destinasi wisata di Kota Bandung. (humas)

Konsep wisata nuklir tersebut layaknya museum edukasi lainnya. Harapannya ini bisa menjadi wisata teknologi yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

“Ini seperti museum teknologi bahwa nukir sebagai alternatif energi. Nanti kapasitasnya sekitar 100 orang. Ini kesempatan Kota Bandung kita ada obyek wisata baru untuk wisata edukasi,” ungkapnya.

Agus Rakhim, Pelaksana Harian Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Bandung,  mengungkapkan bahwa hadirnya destinasi wisata ini sebagai sarana edukasi masyarakat Kota Bandung terkait Iptek.

“Di Kota  Bandung sendiri banyak lembaga-lembaga yang bergerak di bidang teknologi. Tetapi belum tentu masyarakatnya tahu kegiatan di dalamnya,” ujar Agus saat pertemuan.

Untuk itu ia berharap, dengan hadirnya area destinasi wisata ini menggugah pandangan masyarakat akan hal-hal terkait Iptek yang masih dianggap menakutkan.

Selanjutnya, dalam mewujudkan destinasi wisata tersebut, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan unsur kewilayahaan akan berkoordinasi perihal teknis sampai waktu peluncuran destinasi wisata baru ini ditetapkan.

“Rencana pada 31 Oktober mendatang kita akan ‘open house’. Dengan harapan, masyarakat bisa melihat langsung bahwa di Bandung ini punya reaktor nuklir. Sehingga masyarakat tahu edukasi pengembangan teknologinya,” tutur Agus. [05]

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: