Pertamina Salurkan Kompensasi Rp 18 M Dampak Tumpahan Minyak Karawang

Warga mengumpulkan tumpahan minyak (Oil Spill) yang tercecer di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat, Senin (22/7/2019). (M. IBNU CHAZAR)

kabar-energi.com – PT. Pertamina (Persero) melalui anak perusahaanya Pertamina Hulu Energi (PHE), telah mencairkan bantuan Rp 18,54 miliar (US $ 1,32 juta) dalam tahap pertama kompensasi kepada nelayan dan penduduk desa yang terkena dampak kebocoran minyak dari salah satu sumur PHE.

Direktur pengembangan PHE Afif Saifudin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kompensasi itu dicairkan melalui transfer bank kepada 10.271 korban terverifikasi yang tinggal di Kabupaten Karawang yang terkena dampak di Jawa Barat.

“Jumlah kompensasi yang terhutang kepada warga yang terkena dampak masih sedang dihitung dan akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memastikan jumlah tersebut sesuai dengan peraturan dan dapat diverifikasi, PHE bekerja dengan berbagai konsultan dan lembaga akademik untuk menentukan nilai akhir,” katanya, Rabu (11/9/2019)

Pertamina Mulai Cairkan Kompensasi Tumpahan Minyak, Ini Besarannya
Pertamina Hulu Energi (PHE) melalui anak usahanya, PT PHE Offshore North West Java (ONWJ) mulai mencairkan dana kompensasi untuk warga yang terdampak tumpahan minyak sumur YYA-1. (Istimewa)

VP Relations PHE Ifki Sukarya menjelaskan bahwa jumlah korban terverifikasi dari 10.271 penduduk di Jawa Barat hanyalah sebagian dari 14.721 korban yang terkena dampak di tiga provinsi Jawa Barat, Jakarta dan Banten

Besaran kompensasi berdasarkan hasil koordinasi pemangku kepentingan pada 9-10 September 2019 yang dihadiri tim Kejaksaan Agung, BPKP, KKP, KLHK, SKK Migas, MUI Jabar dan kepala dinas di tujuh kabupaten dan kota. Kompensasi awal disepakati senilai Rp900 ribu per warga setiap bulan selama dua bulan periode terdampak, yakni Juli-Agustus 2019.

Kompensasi dihitung berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 7/2014 tentang kerugian dari pencemaran lingkungan. [05]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: