IDEC 2019: Momentum Pengembangan Teknologi Kesehatan Gigi

Pameran IDEC 2019 (Foto: Ganest)

kabar-energi.com –  Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) untuk kedua kalinya mengadakan Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) di JCC, Jakarta mulai tanggal 13 – 15 September 2019, acara tersebut menghadirkan berbagai produk alat kesehatan dan obat-obatan kedokteran gigi dengan inovasi dan teknologi terkini seperti robotik

Pameran industri  tersebut dibuka oleh Sekretarisi Jenderal Kementerian Kesehatan RI, drg. Oscar Primadi pada Jumat (13/9/2019), menampilkan 232 ekshibitor dari 18 negara, diantaranya Cina, Korea Selatan, Jerman serta sejumlah pelaku usaha lokal.

Dimana potensi untuk mengembangkan industri kedokteran gigi sangat besar di Indonesia. Menurut Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) sejak 2005-2018, setidaknya tercatat ada 33.523 dokter gigi dan 29.939 dokter gigi spesialis.

Sayangnya, angka tersebut berbanding terbalik dengan fakta bahwa kesehatan gigi masyarakat. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, hanya 10,2 % masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis. Sedangkan, 57,6% penduduk Indonesia masih mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Pembukaan Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) 2019

“Tantangan kesehatan gigi inilah yang menjadi penggerak Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC). Terutama untuk menjadi jembatan, membuka peluang pengembangan teknologi dokter gigi di tengah persaingan global,” ujar Ketua IDEC, drg. Diono Susilo, MPH di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes), drg. Oscar Primadi, MPH mengungkapkan bahwa, dokter gigi dan fasilitasnya penting dalam menunjang kualitas kesehatan gigi. Sebab, tidak sedikit penyakit berbahaya dan kronis justru berasal dari masalah gigi dan mulut.

“Momentum ini mengharukan. Bisa menjadi satu dasar kemampuan dan kemauan orang agar menjaga kesehatan mulut dan gigi. Tujuannya, masyarakat dapat terbebas dari karies gigi dan masalah gigi lainnya,” tuturnya.

Produk alat kesehatan dengan berteknologi canggih seperti robotik dan digital sengaja dihadirkan untuk menambah wawasan pada dokter gigi dan industri di Indonesia tentang perkembangan industri alat kesehatan di dunia.

Perkembangan teknologi sedemikian cepat dan juga telah merambah pada industri kedokteran gigi. Melalui IDEC, semua anggota PDGI dapat mengupdate perkembangan teknologi dan isu terkini yang terjadi di industri, baik skala nasional maupun regional, melalui topik-topik yang dibahas pada seminar dan konferensi ilmiah.  [05]

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: