Siemens dan Anak Perusahaan PLN Jalin MOU, Gunakan Teknologi Virtual Reality (VR)

Cedrik Neike, Anggota Dewan Direksi Siemens AG dan CEO Smart Infrastructure dalam sambutan pembukaan Siemens Digitalize Indonesia 2019 di Jakarta, Kamis (31/10). (Bisnis)

kabar-energi.com – PT Siemens Indonesia  baru saja menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan anak perusahaan dari perusahaan listrik negara (PLN), PT Indonesia Power (IP)

Kerjasama tersebut menerapkan teknologi virtual reality (VR) dalam rangka optimasi pembangkit serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan personil pengoperasian mereka

Rencananya proyek kerjasama antara Siemens Indonesia dengan IP akan dimulai pada akhir 2019.

Cedrik Neike, Anggota Dewan Direksi Siemens AG dan CEO Smart Infrastructure, mengungkapkan bahwa kerja sama yang difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian Indonesia tersebut bertujuan menciptakan ekosistem dengan perusahaan-perusahaan di sektor industri seperti makanan dan minuman serta bahan kimia melalui program inisiatif Siemens Artificial Intelligence/Control Performance Analytics (AI/CPA) Software.

“Siemens menciptakan sebuah ekosistem dengan perusahaan-perusahaan lokal di sektor industri makanan dan minuman serta bahan kimia melalui program Siemens Artificial Intelligence atau Control Performance Analytics (AI/CPA) software,” ujar Cedrik saat acara Siemens Digitalize Indonesia 2019 di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2019).

“Modul pelatihan akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan spesifik pembangkit listrik,” tambah Cedrik.

Dengan kerjasama tersebut Siemens berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel pengoperasian dengan mengembangkan modul pelatihan percontohan untuk pusat pelatihan digital milik IP.

Juga bertujuan memberikan nilai lebih dalam seluruh proses energy-as-a-service, terutama di bidang pembangkit listrik, operasi dan pemeliharaan, dan efisiensi energi.

Pada pada November 2018 sebelumnya, perusahaan asal Jerman tersebut juga telah menjalin kemitraan strategis di bidang Digital Energy Services dengan PT Sumberdaya Sewatama

Kerjasama keduanya  terkait di bidang Digital Energy Services dengan menggunakan sistem operasi Internet of Things (IoT), MindSphere. [05]

SIEMENS DIGITALIZE INDONESIA 2019
Tampak President Director and CEO Siemens Indonesia Prakash Chandran (kedua kanan) berfoto bersama Managing Director EKONID Jan Ronfeld (dari kiri), Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Maritim dan Investasi Ridwan Djamaluddin, Member Managing Board Siemens AG dan CEO of Smart Infrastructure Cedrik Neike, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara dan CEO Siemens Vietnam Thai Lai Pham saat acara pembukaan Siemens Digitalize Indonesia 2019 di Jakarta, Kamis (31/10). (Bisnis/Abdullah Azzam)

 

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: